Syarat & Ketentuan

Platform Lakopi memungkinkan Pengguna (“Penjual” dan / atau “Pembeli”) untuk mencari serta berhubungan dengan Pengguna lain (“Penjual” dan / atau “Pembeli”), mengatur transaksi antara Penjual dan Pembeli, dan mengakomodir setiap keluhan guna mencari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak dengan tetap mengedepankan asas keadilan hukum, transparansi serta akuntabilitas dalam proses perdagangan antar Penjual dan Pembeli.

Penjual membuat profil, mendaftarkan produk yang dijual, memberikan informasi yang akurat, dan memenuhi pesanan dari Pembeli.

Pembeli membuat profil, mencari produk yang dibeli, dan melakukan pemesanan kepada Penjual.

Jika Penjual dan Pembeli setuju dengan persyaratan yang diajukan oleh masing-masing pihak, segera setelah Pembeli melakukan pembayaran kepada Lakopi, maka Penjual segera memenuhi pesanan sesuai dengan kesepakatan dengan Pembeli. Kesepakatan tersebut mencakup persetujuan metode pengiriman yang digunakan beserta dengan biaya pengirimannya.

Setelah Penjual mengirimkan produknya, Penjual wajib memfoto resi pengiriman dan menyerahkannya kepada Lakopi, yang nantinya akan diteruskan kepada Pembeli.

Lakopi akan meneruskan pembayaran yang dilakukan oleh Pembeli kepada Penjual, setelah pesanan tiba dan sesuai dengan perjanjian awal antara Pembeli dengan Penjual. Bila salah satu pihak tidak memenuhi perjanjiannya, perselisihan ini diselesaikan di Pusat Resolusi.

Lakopi menetapkan biaya Service Charge kepada Penjual sebagai balas jasa telah menghubungkan dengan Pembeli sebesar 10 ribu rupiah dari jumlah pembayaran Pembeli kepada Penjual.

Lakopi beserta seluruh yang termuat di dalamnya tunduk dan terikat pada hukum dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Wilayah Republik Indonesia.

Kebijakan Pengguna

  1. Dalam menggunakan layanan situs Lakopi, Pengguna dilarang untuk menggunakan konten yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan/menyudutkan orang lain, bahasa vulgar/seksual, dan bersifat ancaman. 
  2. Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Barang yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
  3. Penguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
  4. Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto/gambar barang atau logo toko untuk mempromosikan situs-situs lain di luar situs Lakopi.
  5. Penjual tidak diperkenankan untuk melakukan transaksi secara langsung dengan pembeli / calon pembeli.
  6. Ketika Pengguna menggungah Konten (termasuk, namun tidak terbatas hanya pada Konten) ke situs Lakopi, Pengguna memberikan hak kepada Lakopi untuk menggunakan Konten tersebut, dan dengan ini mengesampingkan segala hak kekayaan intelektual yang dimiliki oleh Pengguna. Dengan ini Pengguna juga menyatakan tidak akan menuntut Lakopi dalam bentuk apapun mengenai hal yang berkaitan dengan Konten yang diunggah ke situs Lakopi.
  7. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di situs Lakopi.
  8. Lakopi berusaha untuk menyediakan informasi yang akurat. Tetapi, Lakopi tidak bisa menjanjikan bahwa katalog produk akan selalu akurat dan up-to-date. Pengguna juga harus setuju bahwa pengguna tidak akan meminta Lakopi untuk bertanggung jawab atas ketimpangan dalam katalog.

Pusat Resolusi

Pusat Resolusi merupakan sarana bagi Penjual dan Pembeli Lakopi untuk menyelesaikan kendala transaksi, seperti pesanan belum sampai, pesanan rusak/kurang/tidak sesuai. Pusat Resolusi dapat membantu masalah terselesaikan dengan lebih cepat, karena Penjual dan Pembeli dapat berdiskusi langsung untuk menemukan solusi bersama.

Untuk Pembeli

  1. Sebagai Pembeli, Anda dapat menjelaskan kendala transaksi yang terjadi dan solusi apa yang diinginkan.
  2. Saat mengajukan komplain, Anda wajib melampirkan bukti pendukung, seperti foto produk dari berbagai sisi, nota pemesanan, dan resi penerimaan.
  3. Penjual nantinya akan menanggapi keluhan, memberikan penjelasan, serta menerima solusi atau menawarkan solusi baru.
  4. Setelah Pembelidan Penjual menyetujui dan melakukan solusi yang sudah disepakati, komplain akan dianggap selesai.
  5. Jika Penjual atau Pembeli tidak merespon komplain atau belum menemukan solusi yang tepat setelah 3 hari komplain dibuat, atau solusi sudah ditentukan tapi penjual/pembeli tidak menjalankan solusi yang sudah ditentukan, Anda dapat meminta bantuan kepada Customer Care Lakopi.
preloader